Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Wallet Untuk Menyimpan Aset Cryptocurrency

Wallet atau dompet cryptocurrency adalah tempat untuk menyimpan aset cryptocurrency yang kamu miliki, entah itu bitcoin, ethereum dan altcoin lainnya. Proyek cryptocurrency memiliki wallet yang berbeda-beda sesuai dengan blockchain yang mereka gunakan.

Kamu harus menyimpan aset dengan wallet yang benar, jika kamu mengirimkan aset cryptocurrency ke alamat wallet yang salah atau berbeda, itu akan menyebabkan kesalahan yang fatal karena kamu akan kehilangan aset tersebut selamanya dan tidak bisa diambil kembali kecuali transaksi tersebut mengalami error atau gagal.

Mengenal Jenis Wallet Untuk Menyimpan Aset Cryptocurrency

Kali ini kami hanya akan membahas jenis wallet yang secara umum digunakan oleh pengguna cryptocurrency selama beberapa tahun terakhir. Jenis tersebut terbagi menjadi lima jenis wallet sebagai berikut.


Wallet Desktop

Yang pertama adalah wallet desktop, wallet ini adalah wallet yang bisa kamu install pada laptop atau komputer yang kamu miliki. Biasanya wallet ini banyak tersedia di sistem operasi windows tetapi sekarang mereka sudah banyak mengembangkan untuk sistem operasi yang lain seperti mac os, linux os dan lainnya.

Jika kamu menginstall wallet ini pada komputer, jangan lupa untuk mencadangkan data atau private key agar kamu tidak kehilangan wallet kamu ketika komputer yang anda gunakan rusak, karena jika kamu lupa kata sandi atau private key maka wallet tersebut berarti sudah tidak bisa kamu gunakan lagi.


Wallet Mobile

Wallet ini seperti wallet desktop, yang hanya membedakannya adalah kamu harus menginstall wallet jenis ini di smartphone. Kami lebih suka wallet jenis ini daripada wallet desktop karena smartphone selalu dibawa kemanapun kita pergi, sedangkan komputer atau laptop biasanya orang akan malas untuk membawanya. Dan juga wallet desktop rentan terhadap virus dan malware yang masuk pada komputer.


Wallet Web

Wallet ini adalah wallet yang bisa digunakan siapa saja asalkan kamu mempunyai browser dan akses internet, ini adalah alternatif wallet untuk kamu yang memilki komputer dengan spesifikasi rendah atau mobile dengan sistem operasi tidak masuk dalam minimal untuk menginstall wallet tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan bookmark alamat web wallet yang kamu gunakan pada browser kamu untuk menghindari pengalihan ke situs phising yang ingin meretas wallet dan mengambil aset cryptocurrency kamu.


Wallet Hardware

Wallet ini jarang digunakan banyak orang karena memang ini adalah wallet khusus yang berupa fisik seperti flashdisk atau memori card yang bisa kamu bawa kemanapun tanpa takut diretas karena tidak secara langsung terkoneksi dengan internet jika tidak digunakan.

Wallet ini biasanya digunakan oleh investor atau mereka yang memiliki aset yang besar dan tentunya akan beresiko jika mereka memilih menyimpan pada wallet web, mobile maupun desktop. Wallet ini jarang digunakan karena memang harganya yang cukup mahal dan tidak banyak cryptocurrency yang bisa disimpan pada wallet hardware.


Wallet Exchange

Kami tidak menyarankan kamu menyimpan aset dalam wallet exchange karena memang ini tidak diperuntukan sebagai penyimpanan aset. Wallet ini hanya digunakan untuk kamu yang melakukan trading pada exchange tersebut.

Jika kamu memang ingin menyimpan aset pada wallet agar bisa menjual saat harga mendadak naik, maka kamu harus memilih exchange yang benar-benar bagus dan tidak akan melakukan penipuan di masa depan atau kapanpun. Exchange yang cukup aman untuk menyimpan aset saat ini adalah binance, indodax dan exchange besar lainnya.


Itulah beberapa jenis wallet cryptocurrency yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan aset cryptocurrency agar tetap aman. Untuk lebih aman, jangan lupa untuk mengatur akun dengan lengkap dan mencatat kata sandi, email, username, private key dan lainnya. Juga memasang pin atau authenticator agar wallet kamu lebih aman.


Stay safe and stay with tuks!

Post a Comment for "Mengenal Jenis Wallet Untuk Menyimpan Aset Cryptocurrency"