Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Dasar Memulai Trading Cryptocurrency

Trading cryptocurrency adalah kegiatan jual beli atau perdagangan digital aset yang dilakukan dalam situs pertukaran menggunakan nilai tukar bitcoin, usd dan cryptocurrency lainnya.

Trading cryptocurrency menjadi kegiatan yang sangat populer beberapa tahun terakhir tepat setelah Bitcoin mencapai harga tertinggi pada akhir tahun 2017. Bagi banyak orang, ini adalah pengalaman pertama mereka dalam membeli dan menjual aset untuk mencoba menghasilkan keuntungan dari kegiatan ini.

Trading bukanlah kegiatan yang mudah untuk dilakukan dan bisa menghasilkan banyak keuntungan. Banyak orang melakukan trading tanpa tahu peraturan dasar yang harus dilakukan agar tidak terjebak atau mengalami kerugian terus menerus.

Aturan Dasar Memulai Trading Cryptocurrency

Kali ini kami akan memberikan beberapa aturan dasar yang bisa kamu lakukan dan menjadi bekal untuk memulai trading cryptoccurency.

1. Mulai

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam trading cryptocurrency, kamu harus yakin untuk memulainya. Itu berarti kamu harus membuat akun di situs pertukaran dan mulai berdagang. Kami mendengar begitu banyak orang yang berharap atau bermimpi tentang bagaimana suatu hari mereka akan berinvestasi di Bitcoin dan menghasilkan banyak uang atau hanya cukup untuk keluar dari pekerjaan yang menyebalkan tetapi tidak pernah melakukan apa-apa. Mulailah dengan sesuatu yang nyata.


2. Kendalikan Nafsu

Kamu harus bisa mengendalikan nafsu dalam diri kamu. Seperti pepatah "Jangan menggigit lebih dari yang bisa kamu kunyah". Yang berarti jangan menginvestasikan lebih banyak uang daripada yang bisa kamu tanggung. Kami mendengar begitu banyak cerita menyedihkan tentang orang-orang yang mengambil pinjaman besar yang jelas-jelas tidak mampu mereka lakukan dan menginvestasikan pada proyek yang tidak jelas. Akhirnya, mereka berdoa itu bukan kesalahan dan berharap itu akan menaikkan harga sambil melihat bagaimana harga itu jatuh dan tidak pernah kembali. Jadilah cerdas.

Mulai dari yang kecil dan bangun pengetahuan kamu tentang cryptocurrency hingga kamu merasa cukup percaya diri untuk berinvestasi lagi. Tetapi jangan pernah melakukan dengan jumlah yang kamu tidak mampu kehilangan, yang berarti jika semuanya hilang, kamu masih bisa tidur nyenyak tanpa harus menangis sepanjang hari.


3. Terus Belajar

Aturan penting selanjutnya kamu harus terus belajar dari apa yang telah terjadi dan apa yang telah kamu amati. Kamu harus menemukan beberapa sumber ilmu yang bagus dan dapat diandalkan, entah itu dari grup, saluran telegram maupun forum. Dan terus mendidik diri sendiri tentang cryptocurrency, wallet, bitcoin, altcoin, exchange dan lainnya. Ini adalah wajib, karena tanpa itu semua, kamu akan seperti ikan yang mencoba memanjat pohon.


4. Kuatkan Mental, Jangan Panik

Jika kamu mengikuti trader atau investor yang profesional, Kamu akan melihat bahwa mereka tidak pernah panik. Mereka tetap tenang, apa pun yang terjadi. Mereka pernah ke sana, mereka sudah melakukan dan melewati itu semua. Mereka tahu bahwa analisis dingin dan logika murni mengalahkan emosi setiap hari dalam seminggu. Jadi, setiap kali kamu berpikir akan menghadapi situasi yang mengerikan, mengetahui hal ini, selalu ada solusi yang baik untuk setiap masalah.

Melatih mental adalah hal yang penting untuk menjaga emosi agar kamu tetap tenang dalam situasi apapun. Sudah banyak kejadian fatal karena memulai trading tanpa mempersiapkan mental yang kuat dan hanya memikirkan bisa mendapat keuntungan besar dari trading cryptocurrency.


5. Tidak Serakah

Rasa takut itu buruk tetapi keserakahan lebih buruk dari itu. Menjelang akhir 2017, banyak investor menjadi serakah dan merasa mereka kaya karena mereka menangkap banteng yang mereka pikir akan bertahan selamanya. Sayangnya, mereka mempertahankan posisi mereka hingga situasi pasar menjadi buruk dan sekarang mereka menyesal karena tidak mengambil keuntungan disaat yang tepat.

Kamu akan mendapat untung hanya ketika kamu menyadari keuntungan dengan menjual pada waktu yang tepat. Jadi, jika kamu tidak lagi percaya pada coin yang kamu investasikan atau sudah cukup dengan keuntungan yang di dapat maka keluarlah. Percayalah pada diri sendiri karena kamu masih bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan di lain waktu dengan coin yang lain.


6. Kelola Portofolio Dengan Benar

Menempatkan semua dana di pasar yang fluktuatif adalah kesalahan besar. Investasi 10% hingga 20% adalah aman untuk cryptocurrency. 80% hingga 90% lainnya mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam aset yang lebih nyata seperti emas, reksadana dan pasar saham.

Kamu harus bisa mengontrol dana yang akan kamu investasikan per coin di pertukaran. Jangan melakukan all in jika kamu benar-benar tidak melihat ada peluang yang aman untuk masuk. Investasikanlah secara bertahap untuk membackup ketika terjadi dump dan gunakan stop loss untuk menghentikan kerugian yang besar.

Jika kamu masih merasa bingung dan tidak tahu cara berinvestasi di pasar cryptocurrency yang bagus, maka carilah saluran telegram atau mengikuti forum dan trader profesional di sosial media untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dalam melakukan trading cryptocurrency. DWYOR!

Post a Comment for "Aturan Dasar Memulai Trading Cryptocurrency"